Ninja emang terkenal lemot putaran bawah, dan ganas di putaran atas.
Mesin standar rata2 diforum 160-165kpj namun ada juga yang bisa capai
170kpj jika setelannya tepat. Tapi masih banyak juga yang kurang puas
atas performanya dan ingin merasakan power lebih. Meningkatkan tenaga
Ninja 250 emang cukup mudah, karena dari sononya power Ninja emang
sepertinya dicekik dengan penggunaan catalyc converter, apalagi udah
pake karbu gedhe banget. 30mmx2 biji bayangin aja Tiger yang 200 cc aja
karbunya cuma sebiji 26mm. Cukup pakai metode plug and play aja udah
signifikan menaikkan tenaga. Di salah satu forum Smartf41z pernah baca
Ninja 250 bisa nembus kecepatan 180 kpj (setara 200kpj di KRR) dengan
mengganti knalpot full system, jetting dan CDI unlimiter. Tapi jangan
nanya konsumsi bensinnya diyakini kurang dari 20KM/liternya. Klo
performanya dirasa masih kurang tinggal ganti aja piston jenong atau
sekalian boreup, karbu gedhe, noken racing, dan pelebaran dan
penghalusan inlet dan outlet, nah kalo ini direkomendasikan buat sirkuit
use kali. Masih kurang juga!!!? pasang turbo atau swap engine
aja deh udah bisa ngalahin moge supersport untuk putaran bawahnya tuh.
he3…. Smartf41z sih cukup ganti knalpot stereo dengan silincer yang
disekat aja deh biar bisa tetep pake jetting ori, dan masih ramah buat
harian. Wong Ganti knalpot bukan ngejar performa, tapi cuma pengen
denger raungan mesin dan deru knalpot stereo.he3…. Lagian ninja dibikin
kaya gini bisa bikin miskin juga, asesori plug N Play harganya bisa 2
kali lipat dibandingkan untuk motor lain. nah kalo jatuh pas kenceng
gimana!? nangis darah tuh… belum lagi pertamax mahal. Ninin ane aja
jarang buat ngantor gara-gara ini. tapi ane akui emang Ninja 250 kurang
agresif untuk nyalip dari putaran bawah. Ga jauh lah sama scorpio ato
tiger, makanya ga heran ada ninja kalah balap sama king atau ninja 2
tak. kalo mo modif mah mending cari konfigurasi yang dapet meningkatkan
torsi diputaran bawah daripada ngejar power yang biasanya menguntungkan
putaran atas dan bikin boros. Nah untungnya sekarang udah banyak
literatur pengujian produk yang disertai dyno test, sehingga bisa
diketahui peningkatan torsi/power dari produk yang kita incer.
Keuntungan torsi berlimpah yakni bikin akselerasi maknyus, dan ga
seberapa boros. Putar gas dikit aja udah ngacir, memudahkan untuk nyalip
metromini ato kopaja yang berhenti sembarangan.
Tapi ingat kalo pengen rasain top speed ninja jangan dijalan padet
selain ga safety juga susah mengail powernya, paling tidak di jalan
lintas kota/propinsi atau di ringroad, tapi paling pas lagi di sentul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar