Rabu, 27 Maret 2013

Tingkatin Performa Ninja 250

Ninja emang terkenal lemot putaran bawah, dan ganas di putaran atas. Mesin standar rata2 diforum 160-165kpj namun ada juga yang bisa capai 170kpj jika setelannya tepat. Tapi masih banyak juga yang kurang puas atas performanya dan ingin merasakan power lebih. Meningkatkan tenaga Ninja 250 emang cukup mudah, karena dari sononya power Ninja emang sepertinya dicekik dengan penggunaan catalyc converter, apalagi udah pake karbu gedhe banget. 30mmx2 biji bayangin aja Tiger yang 200 cc aja karbunya cuma sebiji 26mm. Cukup pakai metode plug and play aja udah signifikan menaikkan tenaga. Di salah satu forum Smartf41z pernah baca Ninja 250 bisa nembus kecepatan 180 kpj (setara 200kpj di KRR) dengan mengganti knalpot full system, jetting dan CDI unlimiter. Tapi jangan nanya konsumsi bensinnya diyakini kurang dari 20KM/liternya. Klo performanya dirasa masih kurang tinggal ganti aja piston jenong atau sekalian boreup, karbu gedhe, noken racing, dan pelebaran dan penghalusan inlet dan outlet, nah kalo ini direkomendasikan buat sirkuit use kali. Masih kurang juga!!!?  pasang turbo atau swap engine aja deh udah bisa ngalahin moge supersport untuk putaran bawahnya tuh. he3…. Smartf41z sih cukup ganti knalpot stereo dengan silincer yang disekat aja deh biar bisa tetep pake jetting ori, dan masih ramah buat harian. Wong Ganti knalpot bukan ngejar performa, tapi cuma pengen denger raungan mesin dan deru knalpot stereo.he3….  Lagian ninja dibikin kaya gini bisa bikin miskin juga, asesori plug N Play harganya bisa 2 kali lipat dibandingkan untuk motor lain. nah kalo jatuh pas kenceng gimana!? nangis darah tuh… belum lagi pertamax mahal. Ninin ane aja jarang buat ngantor gara-gara ini.  tapi ane akui emang Ninja 250 kurang agresif untuk nyalip dari putaran bawah. Ga jauh lah sama scorpio ato tiger, makanya ga heran ada ninja kalah balap sama king atau ninja 2 tak. kalo mo modif mah mending cari konfigurasi yang dapet meningkatkan torsi diputaran bawah daripada ngejar power yang biasanya menguntungkan putaran atas dan bikin boros. Nah untungnya sekarang udah banyak literatur pengujian produk yang disertai dyno test, sehingga bisa diketahui peningkatan torsi/power dari produk yang kita incer. Keuntungan torsi berlimpah yakni bikin akselerasi maknyus, dan ga seberapa boros. Putar gas dikit aja udah ngacir, memudahkan untuk nyalip metromini ato kopaja yang berhenti sembarangan.
Ngebut lebih safe di sirkuit, kecuali kepepet :)
Tapi ingat kalo pengen rasain top speed ninja jangan dijalan padet selain ga safety juga susah mengail powernya, paling tidak di jalan lintas kota/propinsi atau di ringroad, tapi paling pas lagi di sentul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar